Saturday, June 28, 2008

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Visi

Visi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dirumuskan sebagai berikut:

“Menjadi Universitas yang berorientasi ke masa depan dengan bertumpu pada upaya penguatan iman dan taqwa kepada Allah S.W.T serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga dapat menjadi pusat keunggulan yang merupakan kebanggaan Warga Muhammadiyah, Umat Islam, dan Bangsa Indonesia”.

Berorientasi ke masa depan didalam rumusan visi UMY mengandung makna bahwa UMY didalam pengembangan sumberdaya manusia mengantisipasi berbagai tantangan ke depan, yang tidak dapat tidak, memerlukan titik tumpu pengembangan yang strategis. Dalam konteks ini, dua titik tumpu utama dijadikan andalan proses antisipasi, yaitu upaya penguatan iman dan taqwa kepada Allah S.W.T., serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dua titik tumpu tersebut tidak dapat dilihat secara dikotomis; penguatan iman dan taqwa kepada Allah S.W.T. sebagai satu soal, dan penguasaan ilmu dan teknologi sebagai soal lain. Implikasi dari pandangan non dikotomis ini adalah upaya penguasaan ilmu dan teknologi berjalan secaraterpadu dengan penguatan iman dan taqwa kepada Allah S.W.T.

Orientasi dan titik tumpu antisipasi seperti itu memungkinkan UMY berkembang sebagai pusat keunggulan dimasa depan yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia umumnya dan umat Islam khususnya, serta lebih khusus lagi warga Muhammadiyah.

Sebagai Pusat keunggulan, UMY menempatkan kekuatan iman dan taqwa sebagai landasan dan sekaligus dunia cita yang ingin dicapai melalui berbagai upaya pendidikan yang diselenggarakannya, disamping penguasaan, pengembangan, dan pengamalan ilmu pengetahuan dan teknologi. Titik pusat keunggulan, dengan demikian, terletak pada dua konstruksi penting, yaitu, petama konsep ilmu yang dikotomis, dan kedua, kelembagaan serta kinerja yang profesional yang bertumpu pada “Kesungguhan (jihad)”, “Keikhlasan”, dan “Ukhuwah Islamiyah”.
Misi

Sebagai sebuah perguruan tinggi Islam, misi yang diemban UMY tidak dapat dilepaskan dari misi Islam itu sendiri, yakni rahmatan lil alamin. Oleh karena itu, kehadiran UMY di tengah-tengah masyarakat harus benar-benar membawa kemaslahatan bagi seluruh masyarakat. Karena UMY adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi yang menjadi amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah, maka kemaslahatan yang dibawanya bagi masyarakat akan sangat terkait dengan upaya-upaya di bidang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta peningkatan kualitas iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Berkaitan dengan misi rahmatan lil ‘aalamin serta kedudukan sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi yang menjadi amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah, dirumuskan misi UMY sebagai berikut :

Melalui pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, UMY dapat berperan aktif didalam proses pembangunan bangsa maupun pencerahan umat manusia, serta dapat melahirkan sarjana yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di atas landasan iman dan taqwa yang kokoh, sehingga menjadi insan yang mandiri, berwawasan luas, sadar akan keberadaannya dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia yang majemuk, ikhlas dan bersungguh- sungguh di dalam melaksanakan tugas “amar ma’ruf dan nahi munkar”

© 2008 Universitas Muham

No comments: